Cara Mengembalikan Kartu Indosat yang Terblokir





Kehadiran smartphone yang semakin membumi dan mengakses berbagai kalangan berpengaruh pada berubahnya berbagai hal. Salah satunya adalah dalam hal pilihan masyarakat untuk berkomunikasi. Mereka mulai beralih dari pulsa ke paket data karena keuntungan yang didapat dari paket data lebih banyak daripada pulsa. Dengan paket data, seseorang tidak hanya dapat melakukan panggilan dan pengiriman pesan singkat, melainkan juga akses internet lainnya. Untuk komunikasi singkat tertulis, perlahan mereka mulai meninggalkan short message service (SMS) menuju aplikasi yang lebih kekinian seperti WhatsApp, Telegram, Line, dll. Aplikasi tersebut juga sekaligus dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara dan bahkan panggilan video. Selain itu, banyak orang yang akhirnya memilih untuk tidak hanya setia pada satu kartu seluler. Satu seluler lama tetap dipertahankan karena kontaknya sudah tersebar, tapi khusus untuk telepon dan sms saja. Sedangkan kartu kedua biasanya khusus untuk berlangganan paket data karena harganya lebih terjangkau. Nah, hal ini ternyata dapat menyebabkan kartu lama terabaikan dan bahkan sampai kehabisan masa tenggang karena lupa tidak diisi ulang. Tentunya, jika kartu sudah begitu, kartu tersebut tidak dapat digunakan lagi. Well, itulah pengalaman saya pribadi :D. Kartu seluler indosat saya terabaikan, lupa tidak diisi ulang karena saya lebih sering menggunakan paket data daripada pulsa biasa.
Ternyata, permasalahan ini sempat membuat saya deg-degan karena kartu tersebut sudah saya gunakan untuk mengisi beberapa biodata penting dan tentunya sudah diketahui oleh banyak teman dan keluarga. Informasi yang saya peroleh dari hasil Googling, saya bisa langsung datang ke Gallery Indosat untuk memperbaiki kartu. Tapi, kesibukan saya selama weekdays yang selalu bermula dari pukul 7 pagi sampai dengan sekitar 4 sore membuat saya kesulitan untuk sekedar pergi ke Gallery Indosat. Sampai akhirnya, tibalah libur semester yang cukup panjang Desember lalu. Saya langsung ajak Pak suami untuk ke gallery. Saat itu, kartu saya sudah memasuki bulan ke-3 sejak masa tenggangnya habis. Semoga masih bisa. Sebab, info yang saya dapatkan, kartu yang hangus karena habis masa tenggang masih bisa diperbaiki di gallery maksimal setelah 3 bulan.
Untuk daerah Bandar Lampung, gallery Indosat terletak di Jl. Wolter Monginsidi No.100, Sumur Batu, Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung 35116. Posisinya persis di pinggir jalan sehingga sangat mudah dijangkau. Bagi yang tidak hafal jalan, Google Map bisa sangat membantu untuk menemukannya. Tapi harus sabar jika terkadang diberi arah yang sedikit agak lebih jauh.



Singkat cerita, setelah agak lama berputar-putar, kami bisa menemukan Gallery Indosat. Kami langsung disambut dengan sangat ramah oleh petugas yang ada di sana. Ruangannya sangat nyaman. Saya langsung menemui salah satu teller dan menceritakan permasalahan kartu saya. Kemudian, beliau mengecek apakah kartu saya masih bisa diperbaiki atau tidak. Ternyata masih bisa. Lalu, beliau langsung menawarkan agar saya menggunakan kartu prabayar saja agar kartu tetap aman meskipun lupa isi ulang.
Mungkin tawaran tersebut adalah tawaran standar untuk para konsumen yang mengalami permasalahan seperti saya. Teman saya juga akhirnya menggunakan kartu indosat prabayar setelah memperbaiki kartunya pasca hangus karena masa tenggang. Saya sempat berpikir, lalu konsultasi dengan suami. Seketika, dengan cara yang sangat lembut dan biajksana, pak suami menolak. Alasan sederhananya, apabila menggunakan kartu prabayar, maka setiap bulan harus selalu membayar sejumlah uang untuk berlangganan pulsa. Wajib, baik pulsa itu digunakan maupun tidak. Tentu kami yang masih berpenghasilan menengah ini langsung keberatan karena kurang menguntungkan konsumen. Lalu, sang teller menegaskan kembali bahwa jika sampai kartu habis masa tenggang lagi, maka sudah tidak bisa diperbaiki. Dan saya pun ganti meyakinkan mbak teller bahwa saya tidak akan lupa lagi mengisi ulang pulsa karena sekarang saya sudah bisa isi pulsa sendiri. 
Eh, hampir saja promosi :D.



Mbak teller mengetik ini itu, memasukkan nomor induk  kependudukan saya, lalu meminta saya menebus kartu baru di kasir. Gratis? Tentu tidak. Kita harus membayar Rp 35.000 dengan rincian Rp 10.000 untuk biaya administrasi dan Rp 25.000 masuk sebagai pulsa. Menurut saya, harga tersebut jauuuh lebih terjangkau daripada saya harus kecewa karena kehilangan kartu yang sudah saya gunakan sejak tahun 2009. (See how important it is).
Saya hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk mengurus semuanya. Setelah itu, selesai, dan saya kembali lagi ke rumah. Saya senang bisa menyelamatkan kartu bersejarah ini. Plus, senang bisa mendapatkan kartu dengan fisik baru karena kartu lama saya sudah sedikit patah akibat saya paksa potong menjadi micro. So, jika kartu Indosat hangus karena habis masa tenggang, tenang saja, dunia belum berakhir selama belum lewat dari 3 bulan.

Untuk daftar alamat gerai Indosat, bisa dilihat di sini https://infodaninspirasimu.blogspot.com/2019/12/alamat-gerai-indosat-di-lampung.html?m=0.

Comments

Popular posts from this blog

Alamat Gerai Indosat di Lampung